Pidato Lingkungan: Bumi Kita, Tanggung Jawab Kita

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Yang saya hormati, para dewan juri, Yang saya banggakan, Bapak dan Ibu guru, teman-teman peserta dari berbagai daerah, Dan yang saya cintai, seluruh pendengar pidato ini... Perkenalkan, nama saya Esde dari Sekolahdasar.biz.id . Hari ini, saya merasa sangat bersemangat, karena saya punya kesempatan istimewa untuk menyampaikan pesan tentang sesuatu yang sangat penting, bukan hanya untuk saya, tapi juga untuk kita semua. Yaitu: Lingkungan hidup kita. Mengapa Kita Harus Peduli? Teman-teman, pernahkah kalian membayangkan hidup tanpa air bersih? Atau bermain di taman yang penuh sampah dan bau tak sedap? Atau bayangkan kita tidak bisa melihat langit biru karena tertutup asap polusi? Itu semua bukan hanya kemungkinan, tapi sudah mulai terjadi di beberapa daerah. Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, setiap orang di Indonesia menghasilkan ra...

Pengukuran Panjang dengan Satuan Tidak Baku

Pengukuran Panjang dengan Satuan Tidak Baku
Pengukuran Panjang dengan Satuan Tidak Baku 

Halo teman-teman! Pernahkah kalian mengukur panjang meja dengan menggunakan jengkal tangan? Atau mengukur lebar ruangan dengan langkah kaki? Nah, itulah yang disebut dengan pengukuran panjang menggunakan satuan tidak baku. Pada pelajaran Matematika kali ini, kita akan belajar lebih lanjut tentang hal ini.

Apa Itu Satuan Tidak Baku?

Satuan tidak baku adalah satuan pengukuran yang hasilnya bisa berbeda-beda tergantung siapa yang mengukur. Contohnya, panjang jengkal setiap orang berbeda, ada yang jengkalnya panjang dan ada yang pendek.

Contoh Satuan Tidak Baku untuk Mengukur Panjang:

  1. Jengkal: Jarak antara ujung ibu jari dan ujung jari kelingking yang direntangkan.
  2. Hasta: Jarak dari siku sampai ujung jari tengah.
  3. Kaki: Panjang kaki seseorang.
  4. Langkah Kaki: Jarak antara dua langkah kaki.
  5. Depa: Jarak antara ujung jari tengah tangan kanan dan ujung jari tengah tangan kiri yang direntangkan.

Kegiatan Mengukur dengan Satuan Tidak Baku:

Mari kita lakukan beberapa kegiatan pengukuran!

  • Mengukur Panjang Meja: Ukurlah panjang meja belajarmu menggunakan jengkal tanganmu. Kemudian, bandingkan hasilnya dengan hasil pengukuran temanmu. Apakah hasilnya sama? Mengapa?
  • Mengukur Lebar Ruangan: Ukurlah lebar ruangan kelasmu dengan langkah kaki. Berapa langkah kaki yang kalian butuhkan?
  • Mengukur Tinggi Pintu: Ukurlah tinggi pintu kelasmu menggunakan hasta.

Mengapa Hasil Pengukuran Bisa Berbeda?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, satuan tidak baku hasilnya bisa berbeda-beda karena ukuran tubuh setiap orang berbeda. Misalnya, jengkal tangan orang dewasa pasti lebih panjang dari jengkal tangan anak-anak.

Contoh Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari:

Dulu, sebelum ada satuan baku seperti meter dan sentimeter, orang sering menggunakan satuan tidak baku untuk mengukur. Misalnya, pedagang kain menggunakan hasta untuk mengukur kain, atau petani menggunakan langkah kaki untuk mengukur ladang.

Latihan:

  1. Sebutkan 3 contoh satuan tidak baku untuk mengukur panjang!
  2. Mengapa hasil pengukuran dengan satuan tidak baku bisa berbeda-beda?
  3. Coba ukur panjang pensilmu dengan jengkal! Berapa jengkal panjangnya?
  4. Jika kamu mengukur panjang papan tulis dengan langkah kaki dan temanmu mengukurnya juga dengan langkah kaki, apakah hasilnya pasti sama? Jelaskan!

Kunci Jawaban Latihan:

  1. Jengkal, hasta, langkah kaki (jawaban bisa bervariasi).
  2. Karena ukuran tubuh setiap orang berbeda.
  3. (Jawaban bervariasi tergantung ukuran pensil dan jengkal siswa).
  4. Kemungkinan besar tidak sama, karena panjang langkah kaki setiap orang berbeda.

Tips Belajar tentang Pengukuran Panjang:

  • Lakukan kegiatan pengukuran dengan menggunakan berbagai satuan tidak baku.
  • Bandingkan hasil pengukuran dengan teman-temanmu.
  • Pahami mengapa hasil pengukuran dengan satuan tidak baku bisa berbeda-beda.

Mengapa Belajar Pengukuran Panjang dengan Satuan Tidak Baku Penting?

Mempelajari pengukuran panjang dengan satuan tidak baku penting untuk memperkenalkan konsep pengukuran kepada siswa sebelum mereka mempelajari satuan baku. Hal ini juga membantu siswa memahami bahwa pengukuran membutuhkan satuan yang disepakati bersama agar hasilnya sama.